Ciebal Mohamad Iqbal
Blog Universitas Komputer Indonesia

Microsoft Student Partner Recruitment

Microsoft Student Partner Recruitment

Posting kali ini saya ingin menjelaskan sedikit mengenai Microsoft Student Partner dan beberapa pengalaman saya selama menjadi Microsoft Student Partner. Microsoft Student Partner (MSP) adalah program yang di selenggarakan oleh Microsoft dengan skala global untuk mensponsori para mahasiswa yang tertarik dengan teknologi, khususnya teknologi Microsoft. Program MSP ini diselenggarakan di berbagai negara salah satunya adalah Indonesia, dan Alhamdulillah pada tahun 2009 saya bisa terpilih menjadi 1 dari 60 MSP yang sekarang ada di Indonesia :-B. Selama menjadi MSP banyak sekali pengalaman berharga yang saya dapatkan, bukan hanya sekedar pengalaman tapi juga kesempatan untuk mengembangkan potensi yang saya miliki, saya mengucapkan banyak terimakasih pada Microsoft yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswa di Indonesia melalui porgram MSP ini :). Sesuai dengan program MSP sendiri yang bertujuan untuk mensponsori mahasiswa yang tertarik dengan teknologi, saya pun merasakan sponsorship yang diberikan. Diantaranya mari saya jelaskan beberapa sponsorship tersebut  :

1. Resorce belajar teknologi Microsoft

Banyak sekali kemudahan yang saya dapatkan untuk mempelajari teknologi Microsoft selama menjadi MSP, seperti resource-resource pembelajaran media online, DVD untuk bahan belajar maupun resource Software yang dapat langsung digunakan (maklum kendala bandwidth terkadang menjadi hambatan untuk segera meng-explore teknologi yang sebetulnya menarik ;). Dan yang paling menarik adalah resource untuk memiliki kesempatan belajar dengan rekan-rekan MSP lainya bahkan mungkin juga dengan MVP.

2. Training Gratis

Selama menjadi MSP dari tahun 2009-Sekarang (2012) banyak kesempatan yang saya dapatkan untuk mengikuti training-training Gratis dari Microsoft salah satunya Training VPS, dan

yang baru-baru ini adalah training Windows Phone. Menjadi kesempatan yang langka untuk dapat mengikuti training-training gratis ini.

3. MSDN Premium (Software Gratis)

Suatu nilai lebih menjadi seorang MSP adalah setiap MSP akan mendapatkan MSDN Premium Gratis dari Microsoft, ini menjadi kebahagian tersendiri dan selama saya menjadi MSP MSDN Premium yang saya dapatkan adalah License Visual Studio Ultimate with MSDN yang setelah saya cek harganya adalah $11,899.00 WoW!. Dengan License tersebut saya bisa memakai seluruh product Microsoft dengan License ASLI, belum cukup sampai disitu setiap license yang saya dapatkan minimal adalah 10 license tiap product, contohnya Windows 7 profesional:10 license, Windows 7 Ultimate :10 license, Microsoft Office 2010:10 license, dll. Tapi baru-baru ini setelah di renewal license minimum yang saya dapatkan adalah 20 license untuk hampir disemua produk. Yeayy! \m/ .

4. Sertifikasi Gratis

Banyak kesempatan untuk belajar dan meningkatkan “nilai” seorang yang menjadi MSP salah satunya adalah dengan sertifikasi Microsoft, tapi seperti kita tahu perlu biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti Ujian Sertifikasi ini. Nah, biasanya pada periode-periode tertentu Microsoft memberikan kesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi Microsoft Gatis bagi MSP.

5. Event Microsoft

Menjadi pengalaman berharga untuk bisa ikut serta pada event-event penting yang diselenggarakan oleh Microsoft, selain pengalaman kesempatan untuk belajar secara profesional bagaimana berkerja dalam tim yang baik untuk tidak hanya sekedar memimpin tapi juga dipimpin untuk kesuksesan suatu event besar adalah ilmu yang paling berharga. Salah satunya saya berkesempatan untuk menjadi Volunteer di Microsoft Final local Imagine Cup di Balai Kartini 2010 lalu. Ada juga event Microsoft Community Solidarity for Charity bersama Luke Hoban (Senior Program Manager of F # and Visual Studio 2010, Microsoft Corporation) yang merupakan salah satu permbuat Visual Studio.

6. Speaking

Melalui MSP saya memiliki banyak kesempatan untuk berbagai ilmu diberbagai seminar-seminar maupun event sebagai speaker. Keberanian untuk berbicara didepan orang banyak pada awalnya akan menjadi suatu hal yang sangat sulit, tapi setelah menjadi MSP saya bisa merasakan bahwa berbicara didepan orang banyak untuk sekedar berbagi ilmu yang kita miliki itu sangat mengasikan B-), apalagi ketika kita tahu ilmu yang kita sampaikan bermanfaat bagai mereka.

7. Network

Salah satu award terbaik yang saya dapatkan selama menjadi MSP adalah Network, dari MSP saya banyak bertemu orang-orang hebat yang ahli dibidangnya masing-masing.

Menjadi MSP akan mendapatkan banyak pengalaman dan manfaat selain yang telah saya sampaikan sebelumnya, banyak rekan-rekan saya di MSP yang lebih mudah untuk terjun di dunia industri bahkan beberapa ada alumni MSP yang kini telah bekerja di Microsoft (Veri, Wirawan). Tertarik ?  Saat ini MSP UNIKOM ada empat orang (Yugie, Dani, Iqbal, Irfan) belum ada pergantian sejak awal dibentuknya MSP untuk UNIKOM. Nah, melalui posting kali ini Saya juga ingin menyampaikan bahwa dari MSP UNIKOM akan segera mengadakan rekrutment  untuk MSP baru. Proses rekrutment akan dilaksanan pada februari dengan melalui beberapa tahap tes dimulai dari CV maupun wawancara. Tertarik untuk mendapatkan semua fasilitas yang Saya sampaikan sebelumnya? Ini saatnya! Syaratnya  sangat mudah,

1. Berstatus sebagai mahasiswa UNIKOM (karena rekrutment untuk MSP UNIKOM)

2. Memiliki Passion akan teknologi (untuk mempelajari maupun berbagai)

3. Waktu kelulusan masih lama (karena syarat menjadi MSP adalah masih berstatus sebagai mahasiswa Smile )

Jika berminat segera kirimkan CV ke alamat yugie.nugraha[at]gmail.com subject: [MSP Recruitment] , paling lambat tanggal 29 Januari 2012. Siap untuk menjadi seorang Microsoft Student Partner? Segera Attach CV kamu kemudian kirim, ditunggu ya!
 
Jika ada pertanyaan silahkan tanya ke :
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 28 Januari 12 - 02:30 WIB
Dalam Kategori : MSP, STUDENTPARTNER, UNIKOM, MICROSOFT
Dibaca sebanyak : 4020 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Ciebal Mohamad IqbalCiebal Mohamad Iqbal · cc Taryana amarullz
Diposting pada : Sabtu, 28 Januari 12 - 02:40 WIB
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback